Minggu, 26 Juli 2009

Belajar Kebaikan Negara kepada Norwegia

Oleh Cardiyan HIS



Norwegia melepas seluruh saham bernilai US$ 850 juta dari Rio Tinto Group. karena Norwegia tak mau ikut berperan terhadap kerusakan lingkungan di Papua, Indonesia.


Kita selama ini lebih sering mendengar bagaimana kejahatan suatu negara
menghancurkan negara lain. Sehingga mereka merugikan rakyat tak berdosa. Tingkah negara
adidaya Amerika Serikat terhadap rakyat Irak misalnya, menjadi contoh kejahatan negarayang sangat kasat mata. Begitu pula perilaku Israel terhadap Palestina sama sajayakni tidak beradab. Kejahatan negara Israel telah dipertontonkan terhadap rakyat Palestina demikian biadab, seperti tanpa perasaan berdosa.


Yang terjadi sebaliknya adalah dengan Pemerintah Norwegia terhadap Rio Tinto Group. Negara makmur dari Skandinavia ini, telah melepas seluruh sahamnya senilai US$ 850 juta yang berasal dari Dana Pensiun negerinya pada perusahaan tambang Rio Tinto Group. Pemerintah Norwegia yang memperoleh penghasilan negaranya dari pendapatan minyak dan gas serta pajak; dalam berinvestasi menggunakan lembaga Dana Pensiun Pemerintah yang selalu memperhatikan saran dari Komite Etik. Keputusan Pemerintah Norwegia ini diambil setelah menengarai dan mengamati bahwa Rio Tinto Group sangat turut berperan aktif atas kerusakan lingkungan yang fatal di Indonesia, khususnya Papua akibat kegiatan penambangan Rio Tinto yang sangat eksploitatif.
Wah rasanya bagai menerima angin segar betapa masih ada Kebaikan Negara. Kebaikan Negara Norwegia yang mengedepankan hati nurani ketimbang nafsu mengeruk keuntungan sebanyak-banyaknya dari investasi bisnis.


Sungguh tindakan nyata Norwegia ini mencerminkan betapa nilai persahabatan antar negara yang berdaulat Norwegia dengan Indonesia; lebih penting dari pada hubungan bisnis jangka pendek. Pantas negara Norwegia ini telah lama menjadi negara yang makmur dan sejahtera bersama saudaranya di Swedia, Finlandia dan Denmark.
Apakah negara Indonesia sendiri sudah berbaik hati untuk melindungi rakyatnya? Belajarlah kepada pemerintah Norwegia yang ternyata diam-diam membuktikan sangat bersahabat dengan rakyat Indonesia.


Salam persahabatan untuk Rakyat Norwegia,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar